Penyebab Munculnya Jerawat Nasi di Kulit Wajah

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis jerawat dan yang paling umum adalah jerawat nasi. Munculnya jenis jerawat yang sering disebut beruntusan ini disebabkan oleh banyak faktor. Beruntusan dapat muncul di beberapa area kulit terutama wajah. Area kulit yang mudah mengalami beruntusan adalah di sekitar dagu. Untuk Anda baik wanita atau pria, dapat menyimak ulasan mengenai penyebab jerawat berikut.

Munculnya Beruntusan dan Penyebabnya

Beberapa area kulit sangat sensitif dan mudah ditumbuhi jerawat. Ada faktor luar dan dalam yang bisa memicu jerawat. Anda bisa menghindari 5 hal berikut untuk mencegah munculnya jerawat.

  1. Stres yang berlebihan

Aktivitas yang tinggi bisa saja membuat orang stres. Namun jika Anda tidak bisa mengontrolnya, maka bisa membuat masalah lain termasuk jerawat. Orang yang stres akan mengalami kenaikan produksi hormon androgen. Hormon tersebut menjadi salah satu penyebab bruntusan apabila jumlahnya berlebihan. Hormon androgen yang berlebih akan mengganggu produksi pada kelenjar minyak di sekitar dagu. Kelenjar minyak di kulit tersebut nanti menghasilkan sebum yang banyak dan menyumbat pori-pori kulit. Kondisi seperti ini akan memicu munculnya jerawat nasi dari waktu ke waktu. Maka dari itu menjaga tingkat stres adalah cara terbaik untuk mencegah jerawat atau beruntusan muncul.

  1. Sering berpangku dagu

Saat sendiri atau melamun, orang sekali kali menggunakan telapak tangan untuk memangku dagu. Jika kondisi tangan tersebut bersih tidak masalah, tetapi tangan yang kotor untuk berpangku dagu akan menjadi penyebab masalah. Salah satunya adalah masalah jerawat nasi yang mudah muncul di sekitar kulit dagu. Tangan menjadi bagian yang paling rawan menjadi sarang kuman dan bakteri. Secara tidak sadar tangan yang tidak higienis tersebut menempel di kulit wajah dan membuat infeksi. Bakteri di tangan bisa membuat kulit meradang dan menjadi jerawat, karena tangan juga terlalu menekan pori-pori kulit. Mulai sekarang sebaiknya Anda kurangi kebiasaan berpangku dagu ini, jika tidak ingin beruntusan.

  1. Konsumsi makanan dengan kadar gula dan karbohidrat tinggi
Baca Juga :  Produk Wardah untuk Perawatan Paripurna dari Kepala Hingga Kakimu!

Makanan diperlukan oleh tubuh untuk memberi nutrisi dan energi. Namun jumlah nutrisi yang berlebihan juga tidak bagi tubuh. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat putih juga tidak baik bila dikonsumsi berlebihan. Dua nutrisi tersebut jika dikonsumsi melebihi kebutuhan kalori tubuh, bisa saja menjadi penyebab munculnya jerawat nasi. Jenis nutrisi ini akan menjadi gula di dalam tubuh dan masuk ke aliran darah yang nantinya membuat produksi lemak meningkat.

  1. Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruh yang memiliki dampak negatif pada tubuh. Bukan hanya kesehatan organ pernafasan, tetapi juga mengganggu kesehatan kulit. Secara tidak langsung, kebiasaan merokok dapat membuat seseorang mengalami beruntusan atau jerawat. Penelitian menyebutkan bahwa merokok dapat membuat produksi vitamin E yang dibutuhkan kulit berkurang. Vitamin E ini sangat penting untuk anti-oksidan yang menjaga kesehatan kulit. Merokok dapat membuat kulit mengalami penyumbatan pori dan meningkatnya sebum di dalam kulit. Kondisi yang akan membuat jerawat muncul di kulit.

Mencegah jerawat muncul adalah langkah terbaik untuk Anda. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan juga aktivitas Anda terutama di ruang publik. Cegah munculnya jerawat nasi dengan selalu menjaga kebersihan kulit dan lakukan perawatan yang sesuai dengan karakteristik kulit Anda.